Postingan

Kinerja 2022

Gambar
 Link:  Kinerja 2022

Profil 2023

Gambar
  Link:  Profil 2023

PERUBAHAN SEKOLAH DIMULAI DARI GURU

Gambar
Perubahan kurikulum sekolah dari Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka  sudah dimulai sejak 2021. Kurikulum Merdeka mulai diimplementasikan secara bertahap melalui Program Sekolah Penggerak Angkatan I. Setahun kemudian, 2022, Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), selain menyeleksi Sekolah Penggerak Angkatan II,  juga menawarkan Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Jalur Mandiri. Memasuki Tahun Pelajaran 2023/2024 mendatang, dipastikan implementasi Kurikulum Merdeka menginjak tahun ketiga sebelum secara resmi akan diberlakukan secara nasional di tahun 2024 yang akan datang.  Perubahan kurikulum terjadi setiap kurang lebih 10 tahun sekali. Jika di 2024 akan diberlakukan Kurikulum Merdeka,  perubahan tersebut merupakan konsekuensi perubahan dari Kurikulum 2013, yang merupakan perubahan dari KBK 2004/KTSP 2006, yang juga merupakan perubahan dari Kurikulum 1994, dan seterusnya. Guskey (19 ) dalam teorinya "Teacher's Attitude Change"

Badriah: Guru Berprestasi, Mengembangkan Profesi, Memanajemeni Diri

Gambar
Jika menghendaki kompetensi meningkat, menginginkan pembelajaran beserta peserta didik mencapai kualitas, dan berharap kariernya berkembang, guru perlu melakukan pengembangan profesi. Agar pencapaiannya berjalan efektif dan berkelanjutan, guru juga perlu menerapkan strategi-strategi manajemen diri. Pentingnya pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui manajemen diri menjadikan penting pula studi tentangnya, terlebih pengembangan profesi dan manajemen diri yang dilakukan oleh seorang Guru Berprestasi, yang kelak bisa menginspirasi sesama guru. Buku yang sedang berada di hadapan Pembaca ini merupakan hasil studi naratif manajemen diri pengembangan profesi seorang guru berprestasi bernama Badriah. Buku ini terdiri dari tiga bagian yang dielaborasi ke dalam empat belas bab. Bagian pertama yang dielaborasi dalam enam bab mendeskripsikan teori dan konsep manajemen diri guru, pengembangan profesi guru, dan guru berprestasi, serta penelitian-penelitian yang relevan dengan ketiganya. Manaje

Guru Belajar dan Berbagi Platform and Users' Responses in The Context of Teacher Professional Development

Gambar
  Abstract The recent research was conducted with the background that there was no study and less information about digital platforms launched by the Ministry of Education, Culture, Research, and Technology, especially  Guru Belajar dan Berbagi  (Teachers Learning and Sharing). The research questioned what Guru  Belajar dan Berbagi  meant and how its user teachers responded to it. It aimed at explaining the definition and characteristics of the portal, and at discovering how it was responded by its user teachers. It used a descriptive qualitative approach. The data were collected through literature review and questionnaires toward 29 SMA Negeri 7 Cirebon teachers. The research found that  Guru Belajar dan Berbagi  was a digital portal comprising two platforms,  Guru Belajar  and  Guru Berbagi , used by the teachers to develop their profession.  Guru Belajar  Platform was adopted by the teachers based on their internal motivation, and  Guru Berbagi  was used to find new instructional id

Reviewing continuing professional development concept of English teachers from the lens of Diffusion of Innovation Theory

  Abstract The main problem of the recent study is how the concept of English teacher Continuing Professional Development is reviewed from Everett Rogers’ Innovation Diffusion Theory. So, the research aimed at finding the review of the Innovation Diffusion Theory of Rogers toward the concept of Continuing Professional Development of English teachers in Indonesia. This study employed library research as the method and the researcher himself as the instrument to collect data deriving from books as a primer resource and ministry regulation and journal articles as secondary resources. It was conducted through several stages ranging from selecting topics based on the problem; exploring information related to the topic; determining research focus; reading the books, regulations and articles as data resources; recording what was found as research data; and, processing the recorded data. Data were analyzed through induction and interpretation. The result showed that teacher continuing professi

IMPROVING READING COMPREHENSION SKILL THROUGH QTB STRATEGY

  Abstract The paper reports the research “Improving Reading Comprehension Skill through QTB Strategy.” It aimed at discovering the effectiveness of reading comprehension instruction, the use of reading comprehension strategies, and the improvement of reading comprehension skill. The research was conducted through the Class Action Research (CAR) method in two cycles, each going with three phases: plan, act and observe, and reflect. It was given to the twelfth graders of Science Program 2 in SMA Negeri 1 Babakan Kabupten Cirebon. The data were collected from the subjects through structured observation, questionnaire, and written reading comprehension test. The first was instrumented with checklist formats to record the data of instructional plan, teaching performance, and learning performance. The second was to record the data of students’ knowledge and application of reading strategies. And the third was to record the data of students’ reading comprehension skills. The data were then a

Blodule, Media Alternatif Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19

Blodule, Media Alternatif Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 : Sejak Maret 2020, Sang Paduka Yang Mulia–meminjam satire dari Dr. Firman Nugraha, M.Ag., Dosen Leadership in Digital Transformation IAI Bunga Bangsa Cirebon–tidak hanya telah membatasi gerak tapi juga telah mengatur dan merubah pola hidup kita. Mahluk super kecil ini tidak hanya menjadi bahan pertimbangan tapi juga telah menjadi penentu dalam memutuskan berbagai kebijkan. Namun demikian, […] Baca selengkapnya di  Guru Berbagi

XI MIPA MODULE: SONG LYRIC

LEARNING OBJECTIVES: LEARNING ACTIVITY: Activity 1: Enjoy  this song. Answer these questions. 1. What does the song lyric talk about? 2. "But I don't wanna be like them " What does the word "them" refer to? 3. What word in the lyric whose meaning is close to "afraid"? 4. What word in the lyric whose meaning is opposite to "move"? 5. "... I'd fly away" What does the sentence mean in your opinion? Write your answers in your note book. Write and post the only one of your answers in "Comment" space. You can also reply your classmate's comment in "Reply" space. Activity 2: Task (1):  Write or copy-paste your favorite English song in "Comment" or in your own blog. Don't forget to write your name and class. If you do it in your own blog, write its link in "Comment" space of this blog. Task (2): 1. Take at least 5 words new for you and find the meaning in dictionary. 2. What is the song

X IPS MODULE: SONG LYRICS

LEARNING OBJECTIVES LEARNING ACTIVITIES Activity 1: Enjoy (nikmati)  this song .  When you find  new  or  important  words, check dictionary . (Apabila menemukan kata-kata baru atau penting, lihat kamus). Write them in your note book, and write the only one word and its meaning in "Comment" space. (Tulis kata-kata baru/penting tersebut di buku tulis, lalu tulis satu kata saja beserta artinya di kolom komen). You can also reply your classmate's comment in "Reply" space. (Kalian juga boleh mengomentari jawaban teman di kolim balas). Activity 2: Task (1) :  Check out  this song  again. (Simak kembali lagunya). Or, read this lyric (Atau baca lirik berikut). The other night dear, as I lay sleeping I dreamed I held you in my arms But when I awoke, dear, I was mistaken So I hung my head and I cried. You are my sunshine, my only sunshine You make me happy when skies are gray You'll never know dear, how much I love you Please don't take my sunshine away I'll

X MIPA MODULE: SONG LYRIC

LEARNING OBJECTIVES LEARNING ACTIVITIES Activity 1: Task (1): Enjoy  this song .  Task (2): When you find new or important words, check  dictionary.  Task (3): Write them in your note book, and write the only one word and its meaning in "Comment" space. You can also reply your classmate's comment in "Reply" space. Activity 2: Task (1): Read the lyric Come up to meet you, tell you I'm sorry You don't know how lovely you are I had to find you Tell you I need you Tell you I set you apart Tell me your secrets And ask me your questions Oh, let's go back to the start Running in circles Coming up tails Heads on a science apart Nobody said it was easy It's such a shame for us to part Nobody said it was easy No one ever said it would be this hard Oh, take me back to the start I was just guessing At numbers and figures Pulling the puzzles apart Questions of science Science and progress Do not speak as loud as my heart Tell me you love me Come back an

Report Text 2: Covid-19 and Vaccine

Gambar
  Learning Objectives: Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X sesuai dengan konteks penggunaannya. Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks report lisan dan tulis, terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X Menyusun teks report lisan dan tulis, terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks. Activity 7 Check out this video:   Types of Covid-19 Vaccine Write the words you think important or new. Then check dictionary to know their meaning. e.g: Antigen : zat perangsang kekebalan tubuh ............... : ............................ etc. Post in "Comment" space at minimum 5 new/important words and their mean

English Modul 1: Report Text "Covid-19 and Vaccine"

Gambar
Learning Objectives Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X sesuai dengan konteks penggunaannya. Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks report lisan dan tulis, terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X Menyusun teks report lisan dan tulis, terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks. Learning Activities Activity 1:  Watch this  Covid-19 Video , and write the words you do not know the meaning on your note book. Then find out the meaning in dictionary. For example: pneumonia : radang paru-paru envelope: sampul, penutup respiratory : ... etc. Write your answer in comment column 👇 Reply one of your classmates'

RPP Describing Local Historical Places

RPP ini disusun untuk merancang pembelajaran daring KD 3.3 dan 4.3 dengan materi mendeskripsikan tempat-tempat bersejarah di sekitar Cirebon Jawa Barat. Melalui pendekatan berbasis teks; media: Google Classroom, blog penulis: aajawahir.blogspot.com; sumber belajar: en.wikipedia.org; dan ditempuh dalam 4 pertemuan, pembelajaran bertujuan agar siswa mampu membedakan dan menangkap makna fungsi sosial, struktur dan bahasa teks deskriptif. […] Lihat selengkapnya:  RPP Describing Local Historical Places

RPP Brochure, Leaflet, Pamphlet & Banner

RPP ini berisi rencana pembelajaran KD 3.2 dan 4.2 Bahasa Inggris Peminatan Kelas 10 Kurikulum Kondisi Khusus. Dibagi kedalam 3 pertemuan, pembelajaran bertujuan agar siswa mampu membedakan dan menangkap makna fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dan mampu menyus un teks brosur, selebaran, pamflet dan banner dengan mempertimbangkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaannya. […]  Lihat selengkapnya  RPP Brochure, Leaflet, Pamphlet & Banner

Biographical Recount

RPP Biographical Recount merencanakan pembelajaran materi Recount dalam bentuk Biografi dalam KD 3.1 dan 4.1 dari Kurikilum 2013 untuk Kondisi Khusus. Melalui pendekatan berbasis teks dan materi bersumber dari Wikipedia berbahasa Inggris, pembelajaran bertujuan agar siswa mampu membedakan, menangkap makna dan menyusun fungsi sosial, struktut dan unsur bahasa teks biografi sederhana. Pembelajaran dibagi kedalam 4 […] Lihat selengkapnya  Biographical Recount .

Personal Identity and Family

RPP “Personal Identity and Family” disusun untuk merencankan pembelajaran secara daring KD 3.1 dan 4.1 Mata Pelajaran Bahasa Inggris Wajib Kelas X tentang teks interaksi transaksional yang meminta dan memberi informasi terkait identitas diri dan hubungan keluarga. Menerapkan model berbasis teks dan media berbasis google, pembelajaran dirancang kedalam dua pertemuan. Pertemuan pertama lebih menekankan pada […] Lihat selengkapnya:  Personal Identity and Family  

Teks Khusus Formulir Isian

RPP ini bertujuan untuk merencanakan pembelajaran daring KD 3.1 dan 4.1 mengenai teks khusus berbentuk formulir isian dalam Bahasa Inggris. Terdiri dari 3 komponen utama: tujuan pembelajaran, strategi pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Dengan menggunakan “direct instruction,” RPP mengadopsi dan mengadaptasi “google form” sebagai sumber belajar dan “google classroom” sebagai medianya. Strategi pembelajaran berjalan dari langkah-langkah […] Lihat selengkapnya  Teks Khusus Formulir Isian

Profil Singkat 2020

Gambar
  Link:  Profil Singkat 2020

From the Impossible #8 Come On! You Can Do It!

Gambar
Sebelum membaca bagian 8, pastikan pembaca sudah terlebih dahulu membaca #1 - #7:  From the Impossible  #1 Maju Berperang tanpa Senjata ,  #2 Rencana Pertama, Merencanakan ,  #3 El.com ,  #4 Terima Kasih Pak Sep ,  #5 Strategy Needed ,  #6 Coaching Gratisan  dan  #7 O My God Dengan kondisi penat, lusuh dan pasrah, kami masih berusaha rileks menunggu lengkap panitia dan peserta lain sehabis makan, istirahat dan beribadah Maghrib. “Lihat sekeliling kalian. Tidak seramai kemarin dan tadi siang  kan?” Aku coba memancing pembicaraan sebelum acara dimulai. “Kan tinggal empat tim, Pak,” jawab Sutris. “Itu artinya kalian semakin beda.”  "Gak percaya kita bisa sampai sejauh ini,” Krisna menimpali. “Serasa mimpi, Pak,” Reva menambahkan. “Tapi ini nyata. Kita bisa. Tidak sia-sia setahun kurang lebih kita berlatih.” “Tapi, maaf ya, Pak, kalau nanti akhirnya kami mengecewakan,” Sutris memelas. “ Gak usah punya perasaan seperti itu. Kalian tidal dituntut harus menang. It’s your game! Just enjo