Postingan

Report Text 2: Covid-19 and Vaccine

Gambar
  Learning Objectives: Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X sesuai dengan konteks penggunaannya. Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks report lisan dan tulis, terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X Menyusun teks report lisan dan tulis, terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks. Activity 7 Check out this video:   Types of Covid-19 Vaccine Write the words you think important or new. Then check dictionary to know their meaning. e.g: Antigen : zat perangsang kekebalan tubuh ............... : ............................ etc. Post in "Comment" space at minimum 5 new/important words and their mean

English Modul 1: Report Text "Covid-19 and Vaccine"

Gambar
Learning Objectives Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X sesuai dengan konteks penggunaannya. Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks report lisan dan tulis, terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X Menyusun teks report lisan dan tulis, terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks. Learning Activities Activity 1:  Watch this  Covid-19 Video , and write the words you do not know the meaning on your note book. Then find out the meaning in dictionary. For example: pneumonia : radang paru-paru envelope: sampul, penutup respiratory : ... etc. Write your answer in comment column 👇 Reply one of your classmates'

RPP Describing Local Historical Places

RPP ini disusun untuk merancang pembelajaran daring KD 3.3 dan 4.3 dengan materi mendeskripsikan tempat-tempat bersejarah di sekitar Cirebon Jawa Barat. Melalui pendekatan berbasis teks; media: Google Classroom, blog penulis: aajawahir.blogspot.com; sumber belajar: en.wikipedia.org; dan ditempuh dalam 4 pertemuan, pembelajaran bertujuan agar siswa mampu membedakan dan menangkap makna fungsi sosial, struktur dan bahasa teks deskriptif. […] Lihat selengkapnya:  RPP Describing Local Historical Places

RPP Brochure, Leaflet, Pamphlet & Banner

RPP ini berisi rencana pembelajaran KD 3.2 dan 4.2 Bahasa Inggris Peminatan Kelas 10 Kurikulum Kondisi Khusus. Dibagi kedalam 3 pertemuan, pembelajaran bertujuan agar siswa mampu membedakan dan menangkap makna fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dan mampu menyus un teks brosur, selebaran, pamflet dan banner dengan mempertimbangkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaannya. […]  Lihat selengkapnya  RPP Brochure, Leaflet, Pamphlet & Banner

Biographical Recount

RPP Biographical Recount merencanakan pembelajaran materi Recount dalam bentuk Biografi dalam KD 3.1 dan 4.1 dari Kurikilum 2013 untuk Kondisi Khusus. Melalui pendekatan berbasis teks dan materi bersumber dari Wikipedia berbahasa Inggris, pembelajaran bertujuan agar siswa mampu membedakan, menangkap makna dan menyusun fungsi sosial, struktut dan unsur bahasa teks biografi sederhana. Pembelajaran dibagi kedalam 4 […] Lihat selengkapnya  Biographical Recount .

Personal Identity and Family

RPP “Personal Identity and Family” disusun untuk merencankan pembelajaran secara daring KD 3.1 dan 4.1 Mata Pelajaran Bahasa Inggris Wajib Kelas X tentang teks interaksi transaksional yang meminta dan memberi informasi terkait identitas diri dan hubungan keluarga. Menerapkan model berbasis teks dan media berbasis google, pembelajaran dirancang kedalam dua pertemuan. Pertemuan pertama lebih menekankan pada […] Lihat selengkapnya:  Personal Identity and Family  

Teks Khusus Formulir Isian

RPP ini bertujuan untuk merencanakan pembelajaran daring KD 3.1 dan 4.1 mengenai teks khusus berbentuk formulir isian dalam Bahasa Inggris. Terdiri dari 3 komponen utama: tujuan pembelajaran, strategi pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Dengan menggunakan “direct instruction,” RPP mengadopsi dan mengadaptasi “google form” sebagai sumber belajar dan “google classroom” sebagai medianya. Strategi pembelajaran berjalan dari langkah-langkah […] Lihat selengkapnya  Teks Khusus Formulir Isian

Profil Singkat 2020

Gambar
  Link:  Profil Singkat 2020

From the Impossible #8 Come On! You Can Do It!

Gambar
Sebelum membaca bagian 8, pastikan pembaca sudah terlebih dahulu membaca #1 - #7:  From the Impossible  #1 Maju Berperang tanpa Senjata ,  #2 Rencana Pertama, Merencanakan ,  #3 El.com ,  #4 Terima Kasih Pak Sep ,  #5 Strategy Needed ,  #6 Coaching Gratisan  dan  #7 O My God Dengan kondisi penat, lusuh dan pasrah, kami masih berusaha rileks menunggu lengkap panitia dan peserta lain sehabis makan, istirahat dan beribadah Maghrib. “Lihat sekeliling kalian. Tidak seramai kemarin dan tadi siang  kan?” Aku coba memancing pembicaraan sebelum acara dimulai. “Kan tinggal empat tim, Pak,” jawab Sutris. “Itu artinya kalian semakin beda.”  "Gak percaya kita bisa sampai sejauh ini,” Krisna menimpali. “Serasa mimpi, Pak,” Reva menambahkan. “Tapi ini nyata. Kita bisa. Tidak sia-sia setahun kurang lebih kita berlatih.” “Tapi, maaf ya, Pak, kalau nanti akhirnya kami mengecewakan,” Sutris memelas. “ Gak usah punya perasaan seperti itu. Kalian tidal dituntut harus menang. It’s your game! Just enjo

From the Impossible #7 O My God!

Gambar
Baca terlebih dahulu: 1.  From the Impossible  #1 Maju Berperang tanpa Senjata 2.  From the Impossible #2 Rencana Pertama: Merencanakan 3.  From the Impossible #3 El.com 4.  From the Impossiblle #4 Terima Kasih Pak Sep 5.  From the Impossible #5 Strategy Needed 6.  From the Impossible #6 Coaching Gratisan   Oktober 2016, bulan yang sama. Lomba yang sama pula. Lomba debat antar SMA tingkat kabupaten. Match pertama timku mulai. Timku berada di posisi government . Itu berarti mereka tidak hanya harus setuju, melainkan harus mempertahankan motion semaksimal mungkin. Chairperson mulai membuka match . Time keeper memperagakan ketukan penanda waktu yang harus diperhatikan oleh speakers . C’mon, Reva.... kamu pasti bisa! Reva Sannia, 1st speaker tim, mulai berbicara. Dia mulai medefinisikan motion dan mengajukan parameter agar topik permasalahan tidak terlalu luas tapi juga tidak terlalu sempit sehingga masih debatable . Hm... cantik kamu, Reva. Kamu ajukan topik. Kemudian kamu berbagi

Perlu Peningkatan Digitalisasi Keunikan Adat dan Budaya Cirebon

Gambar
  Kearifan lokal di negeri ini tak akan pernah lekang untuk dikenang, tak akan pernah habis untuk dibahas. Tersebar di seluruh pelosok nusantara. Salah satunya ada di Cirebon, kabupaten dan kota yang terletak di ujung timur laut (kurang lebih 130 KM dari Bandung, Ibu Kota) Provinsi Jawa Barat. Walaupun secara administratif pemerintahan terbagi kedalam dua wilayah, Kabupaten dan Kota Cirebon secara kultur memiliki banyak kesamaan. Terdiri dari dua jenis dataran: wilayah utara ke timur dengan datarannya rendah (0-10 meter di atas permukaan laut) dan wilayah selatan ke barat dengan dataran lebih tinggi (11 - 130 meter), Cirebon memiliki keunikan tersendiri yang perlu diekspos sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan jaman. Baca:  Kota Cirebon  dan  Kabupaten Cirebon Keunikan Cirebon bisa dilihat dari berbagai aspek, seperti bangunan dan situs peniggalan bersejarah; kegiatan seni, adat dan budaya; bahasa daerah; kerajinan khas; dan kuliner spesial. Cirebon memiliki banyak bangunan dan situ

Pengembangan Sumber Belajar Menjadi Bahan Ajar

Gambar
  Baca juga:  Blog  Pengembangan Sumber Belajar Menjadi Bahan Ajar PPT  Presentasi Pengembangan Sumber Belajar Menjadi Bahan Aiar

Teknik Information Transfer dalam Pembelajaran

Gambar
Baca juga:  PPT Presentasi Teknik Information Transfer dalam Pembelajaran  

PPDB 2020, Sebuah Refleksi

Gambar
  Tahun Pelajaran 2020/2021 telah bejalan kurang lebih 2 bulan walaupun belum ada pembelajaran tatap muka sama sekali. Pembelajaran jarak jauh ini, baik luring, daring atau kombinasinya, tentu saja diawali sebuah proses Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB). PPDB Berbasis Zonasi sudah 3 tahun diselenggarakan. Perlu diapresiasi, penyelenggaraannya dari tahun ke tahun semakin ketat dan bersih dari praktik-praktik di luar ketentuan. Peningkatan ini, diyakini tidak lepas dari evaluasi dan refleksi dari para pemangku kepentingan PPDB. Tulisan ini mencoba menyampaikan salah satu persoalan PPDB 2020 dan kemudian mengusulkan solusinya demi PPDB 2021 yang lebih baik. Awal Cerita Hampir setiap hari selama masa PPDB terutama setelah pengumuman tahap I, ada saja (yang mengatasnamakan) orang tua yang datang dengan dalih mau berkonsultasi. Kalau hanya merasa penasaran dan menanyakan mekanisme PPDB, bisa dijawab dengan menyandarkan pada produk peraturan yang ada: Permendikbud, Pergub, Kepgub dan Ju

Bahan Ajar X IPS: Describing Local Historical Places

Gambar
  Learning Objectives 1.    Membedakan fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaan teks deskriptif tempat-tempat bersejarah di Kabupaten Cirebon. 2.   Menangkap makna terkait fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaan teks deskriptif tempat-tempat bersejarah di Kabupaten Cirebon. 3.  Menyusun teks deskriptip tempat-tempat bersejarah di Kabupaten Cirebon dengan mempertimbangkan fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaan. Learning Activities Activity 1 :  Identify these pictures, then label each in English, suitable with its name. Number 1 has been done. 1.  The Great Mosque of Sang Cipta Rasa Cirebon 2.  ....................... Palace 3.  Kasepuhan ........... 4.  ............................. .............. 5.  ........................... ......... 6.  Gunungjati ....... Activity 2 :  Study these words, searching for the meaning in Bahasa in dictionary ancient :  architecture : base : blend  : brace  : bracket  : carving  : carriage  : chandelier  : ceiling :  column  : floor  : g